Menu Alternative Lebaran Selain Opor Ayam


Lebaran tiba, perut pun ikut bahagia. Jelas saja, setiap kita pergi bersilaturahmi, pasti selalu ditawarkan berbagai macam sajian lezat yang menggoyang lidah. Bukan cuma di rumah sendiri, rumah saudara dan tetangga pun juga menyajikan berbagai macam hidangan yang menggugah selera makan kita. Namun terkadang, saya sendiri suka bosan karena beberapa rumah termasuk rumah saya selalu menghidangkan menu masakan yang itu – itu saja, yaitu ketupat dan opor ayam.

Padahal, masih banyak sekali menu alternative lebaran selain opor ayam, yang bisa disajikan. Nah, agar tamu tak merasa bosan dengan hidangan di rumah anda, simak artikel menu alternative lebaran selain opor ayam, Siapa tahu bisa jadi inspirasi hidangan pada saat lebaran.

1.    Semur daging


semur daging menu alternative lebaran selain opor ayam


Tidak kalah dengan masakan rendang, menu alternative lebaran pertama yaitu semur daging, semur daging berbahan dasar sama dengan rendang ini seringkali disajikan  terutama bagi orang Betawi. Semur ini jadi favorit banyak orang karena rasa manis dari kecap sehingga bisa dinikmati untuk segala umur. Semur khas betawi biasa disajikan dengan kentang kering (bencok) dan ebi halus sehingga menambah tekstur renyah dan asin.


2.    Soto ayam


soto ayam menu alternative lebaran selain opor ayam

Menu alternative lebaran selanjutnya ialah soto ayam Berdasarkan pengalaman pribadi, meja makan di rumah saya selalu tak pernah kehilangan menu soto ayam terutama pada saat lebaran. Dibanding dengan opor ayam yang terlalu ‘berat’ karena kuah santannya, soto ayam bisa jadi pilihan menu alternative lebaran selain opor ayam. Soto ayam ini jauh lebih nikmat bila ditambahkan bahan pelengkap yang bervariasi di dalamnya, seperti telur rebus, irisan kentang, dan soun.


3.    Rawon


rawon menu alternative lebaran selain opor ayam

Makanan selanjutnya Rawon, Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur yang menggunakan kluwak sebagai bumbu utama, rawon juga sering dijadikan menu alternative lebaran selain opor ayam. Sama-sama berbahan dasar daging sapi, rawon bisa dijadikan pilihan selain semur daging. Kuahnya yang berwarna hitam dan rasa yang unik menjadikan rawon sebagai menu alternative yang ditunggu-tunggu banyak orang. Rawon ini juga bisa menemani ketupat atau lontong sebagai pengganti opor ayam,,heuu…


4.    Pempek


pempek menu alternative lebaran selain opor ayam

Kalau anda tidak menyukai hidangan berat dan bersantan di hari lebaran, anda bisa menyantap pempek yang segae.. Kuah cuko pempek yang pedas, asam dan segar ini bisa dijadikan sebagai menu alternative lebaran yang terkenal gurih, pedas, dan bersantan. Sajikan pempek ketika lebaran tiba,


5.    Ayam bakar madu


ayam bakar madu menu alternative lebaran selain opor ayam

Opor ayam merupakan hidangan khas lebaran yang terkenal akan rasanya yang kuat karena cenderung pedas dan bersantan. Menu ayam bakar madu ini bisa jadi pilihan alternative untuk anda yang tak menginginkan menu opor ayam. Rasanya yang manis dan enak cocok dikonsumsi oleh siapa saja, baik anak – anak maupun orang dewasa.


6.    Bakso


bakso menu alternative lebaran selain opor ayam

Menu alternative terakhir sebagai pengganti opor ialah bakso, memang bisa dibilang tidak semewah yang menu sebelum-sebelumnya. Tapi bakso bisa menjadi hidangan lebaran yang juga menjadi alternatif lain selain opor ayam yang biasanya dihidangkan untuk menu menyambut tamu yang datang ke rumah. Sangat nikmat disantap saat cuaca sedang dingin.

Enam menu tersebut adalah menu yang biasa terhidang di seluruh nusantara sebagai pengganti opor ayam. Masih banyak lagi menu-menu alternative lain yang bisa menggantikan ketupat dan opor ayam sebagai hidangan utama di hari lebaran. Bagaimana? Apakah anda sudah mempunyai gambaran akan mengganti menu ketupat dan opor ayam menjadi menu lain yang lebih nikmat?

Menu Alternative Lebaran Selain Opor Ayam Menu Alternative Lebaran Selain Opor Ayam Reviewed by Andi Hermawan on June 05, 2019 Rating: 5

No comments