Resep Sambal Tlenjeng Khas Banyumas

Sambal Tlenjeng merupakan salah satu jenis sambal atau sambal khas Banyumas, dimana bahan utama untuk membuat sambal ini diantaranya ialah bawang merah, cabai rawit, cabai merah, garam, dan juga minyak. Beberapa makanan yang sering disajikan bersama dengan sambal tlenjeng diantaranya adalah bebek, ayam dan ikan goreng ataupun bakar. Selain itu sambal tlenjeng juga bisa dinikmati sebagai menu pelengkap makanan yang lainnya.

resep sambal tlenjeng



Cara membuat sambal tlenjeng ini sangat mudah, ditambah lagi dengan bahan – bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini juga bisa anda dapatkan di warung ataupun pasar. Sehingga untuk anda yang ingin mencoba membuat sambal tlenjeng ini dirumah, sudah pasti anda akan dapat membuatnya sendiri dengan mudah.

Bahan Membuat Sambal Tlenjeng Khas Banyumas :

  • 20 buah Cabai Rawit, ( bisa ditambahkan sesuai selera )
  • 4 Siung Bawang merah
  • 1 Siung Bawang putih 
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya 

Cara Membuat Sambal Tlenjeng Khas Banyumas :

  1. Pertama ialah masak atau rebus air menggunakan panci sampai airnya mendidih.
  2. Kemudian masukkan bawang merah, cabai rawit, bawang putih, masak sampai semua bahan tersebut sampai layu atau lunak. Setelah itu angkat dan tiriskan airnya.
  3. Lalu uleg semua bahan yang sudah direbus tadi, tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya, ulek bahan sambal tlenjeng sampai halus dan tercampur dengan rata.
  4. Terakhir, koreksi rasa dari sambal tlenjeng, 
  5. Hidangkan sambal tlenjeng ini bersama makanan favorit anda seperti misalnya bebek goreng atau bakar, ayam  goreng atau bakar, maupun ikan yang sudah saya sampaikan tadi diatas. Sambal tlenjeng ini juga bisa anda nikmati dengan menu lainnya seperti Sayur Terong, tumis kangkung atau yang lainnya.
  6. Sekian Resep Sambal Tlenjeng Khas Banyumas yang bisa saya bagikan untuk kesempatan kali ini. Resep lainnya : Resep Membuat Sambal Matah
Resep Sambal Tlenjeng Khas Banyumas Resep Sambal Tlenjeng Khas Banyumas Reviewed by andi hermawan on January 25, 2020 Rating: 5

No comments