Bumbu Ikan Kakap Asam Manis Pedas

Resep ikan kakap asam manis pedas merupakan masakan yang memiliki cita rasa yang enak saat disantap. Aneka resep masakan ikan, khususnya kakap merah ini merupakan makanan yang banyak digemari, untuk mendapatkan ikan kakap ini cukup mudah karena banyak tersedia di supermarket maupun di pasar - pasar terdekat anda. Ikan kakap merah banyak sekali kreasi dalam pengolahannya, karena itu tidak heran jika banyak tempat-tempat seperti warung makan, rumah makan padang, ataupun restoran selalu menyajikan hidangan masakan ikan kakap ini. Nah, dari pada anda harus pergi ke restoran dan tentunya harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit, sebaiknya anda mencoba masakan ikan kakap di rumah. Kali ini kami akan membagikan resep dan cara membuat masakan ikan kakap asam manis pedas, berikut akan kami jelaskan langkahnya dari awal.

Bumbu Ikan Kakap Asam Manis Pedas
Ikan Kakap Asam Manis Pedas


Bahan-Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Masakan Ikan Kakap Asam Manis Pedas


500 gram ikan kakap, potong

1 buah jeruk nipis

2 gelas sagu

Minyak goreng secukupnya

Bumbu Perendam Ikan kakap

3 siung bawang putih, dihaluskan

1 butir telur, dikocok

¼ sdt merica bubuk

Garam secukupnya

Bahan untuk bumbu Asam Manis pedasnya

1 siung bawang bombay, iris tipis²

3 siung bawang putih, digeprek

2 cm jahe, digeprek

1 gelas air putih

3 sdm saus tomat

50gr nanas (potong sesuai ruas)

saus sambal secukupnya

cuka secukupnya

1 buah wortel, iris bentuk korek api

2 cabai merah besar, iris bentuk korek api

2 batang daun bawang, iris tipis

Cara Membuat Masakan Ikan Kakap Asam Manis Pedas

- Pertama Cucilah ikan kakap sampai bersih, kemudian simpan ikan dalam wadah lalu peras jeruk nipis diatasnya, diamkan sekitar -+ 5 menit.

- Kemudian masukkan bahan bumbu perendam kedalam wadah yang berisi ikan kakap, aduk sampai rata, diamkan sekitar -+ 3 menit, lalu lumuri ikan kakap menggunakan tepung sagu.

- Selanjutnya panaskan minyak, goreng ikan kakap agak kering dan hampir kecoklatan, angkat lalu tiriskan. Dan letakan di dipiring saji.

- Kemudian membuat saus asam manisnya, pertama panaskan minyak untuk menumis, lalu bawang putih dan jahe yang sudah digeprek tadi sampai mengeluarkan aroma harum, kemudiaan masukkan bawang bombay yang sudah diiris tipis - tipis. 

- Selanjutnya tambahkan air (secukupnya), tambahkan saus tomat, saus sambal dan juga cuka secukupnya.

- Kemudian tambahkan irisan nanas dan wortel , cabe merah dan daun bawang , aduk-aduk. Jangan lupa tambahkan larutan sagu, tambahkan merica bubuk dan garam, aduk sampai mengental.

- Angkat dan siramkan saus asam manis pedas  di atas ikan kakap yang sudah tersedia di piring saji.
Ikan kakap asam manis pedas siap disajikan dengan nasi putih hangat.

- Itulah dia Resep Praktis Membuat Masakan Ikan Kakap  Asam Manis Pedas yang bisa anda coba dirumah. Rasa yang enak dari bumbu saus asam manis pedasnya membuat masakan ikan kakap ini menjadi lebih nikmat. Selamat mencoba......

Bumbu Ikan Kakap Asam Manis Pedas Bumbu Ikan Kakap Asam Manis Pedas Reviewed by Andi Hermawan on June 15, 2019 Rating: 5

No comments