Cara Membuat Roti Boy / Roti O Rumahan

Coffee Bun atau Mexican Bun mungkin belum terlalu dikenal oleh kebanyakan orang Indonesia. Tapi kalau roti boy atau roti O , tentu sudah banyak yang tahu, bahkan sudah pernah mencicipinya? Ya, roti boy atau roti O adalah sejenis roti manis yang berbentuk bulat dengan isian butter dan topping rasa moka atau kopi yang wanginya sangat menggugah selera. Roti boy sudah banyak dijual. Tapi, ada satu merk roti boy yang terkenal dan biasa dipasarkan di Stasiun atau Bandara - bandara. Rasanya memang enak, terlebih bila dinikmati saat masih hangat baru keluar dari oven. Jika bosan sarapan dengan roti yang itu² saja, roti boy bisa atau Roti O jadi pilihan pengganti. Lebih mantap lagi jika menyantap roti boy atau Roti O bikinan sendiri. Kita bisa membuat roti yang teksturnya lebih lembut daripada roti boy atau Roti O lain yang dijual di toko. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Disini kami akan membuat dengan metode water roux. Nah, jika Anda ingin membuat roti boy atau roti O sendiri.



Cara Membuat Roti Boy / Roti O Rumahan
Roti Boy atau Roti O

Berikut ini ada resep Membuat Roti Boy atau Roti O Rumahan

Bahan-bahan


Air secukupnya

375 gram tepung terigu

1 butir telur

2 kuning telur

3 sdm margarin

50 gram gula halus

75 gram gula pasir

1 sdt fermipan / ragi instan

20 gram susu bubuk

1 sdm air kopi

1/2 sdm pasta kopi

Salted butter secukupnya

Cara Membuat

- Langkah pertama dengan membuat biang roti atau water roux. Masukkan 25 gram tepung terigu ke dalam 100 ml air, lalu masak hingga meletup sambil diaduk² dengan whisker. Segera angkat adonan ketika meletup pertama kali. Dinginkan. 

- Campurkan 300 gram terigu, kuning telur, gula pasir, garam,  dan fermipan ke dalam satu wadah. Aduk²...

- Kemudian tambahkan adonan water roux tadi, aduk lagi. 

- Beri air perlahan sedikit demi sedikit sekitar 100 ml sampai adonan tercampur rata, beri 1 sendok makan margarin. Uleni sampai kalis. 

- Diamkan adonan sampai mengembang -+ 2 jam. 

- Kempeskan adonan roti, lalu bagi menjadi beberapa bagian yang sama. Diamkan lagi -+ 10 menit. 

- Ambil 1 bagian adonan, isi dengan salted butter secukupnya, lalu bulatkan kembali. Lakukan hingga  adonan terisi seluruhnya. Lalu diamkan -+ 30 menit sampai mengembang lagi. 

- Untuk topping, kocok sisa gula halus dan margarin sampai lembut, kemudian masukkan telor. Aduk rata. 

- Masukkan sisa susu bubuk dan terigu , aduk lagi sampai rata, kemudian tambahkan pasta kopi dan air kopi . Campurkan rata. 

- Masukkan adonan topping kopi ke wadah plastik segitiga, semprotkan secara melingkar di atas adonan roti. 

- Panggang roti boy atau roti O di oven bersuhu 180 º derajat hingga matang dan toppingnya kering. 

- Setelah matang, keluarkan dari oven dan sajikan bersama teh dan kopi selagi masih hangat. 
Cara Membuat Roti Boy / Roti O Rumahan Cara Membuat Roti Boy / Roti O Rumahan Reviewed by Andi Hermawan on March 06, 2019 Rating: 5

No comments