Resep Kue Golang-galing atau Galundeng Khas Banyumas

Galundeng dikenal juga dengan nama Bolang-Baling atau Golang-Galing, Galundheng hingga Donat Jawa. Resep Kue Galundeng adalah salah satu Resep Tradisional yang sudah ada sejak dahulu, siapa penemu pertama Resep Kue Galundeng tidak diketahui. Resep Kue Galundeng menjadi salah satu Resep Warisan Nusantara yang masih dijaga sampai sekarang.
Cara Membuat Galundeng Asli Banyumas atau Purwokerto ini sangatlah gampang dan tentunya bahan yang digunakan merupakan bahan² yang aman dikonsumsi semua orang serta harganya pun cukup terjangkau. Kue Galundeng rasanya manis gula asli, dan teksturnya kasar dibagian luar lembut di dalam, ketika digigit sedikit keras tetapi sedikit mulur dan empuk, rasa luarnya lebih manis dari pada dalamnya terlebih luarnya ada taburan gula yang mengering. Bagi yang belum pernah mencicipi Kue Galundeng, pasti sekali makan akan ketagihan. 


cara membuat kue galundeng




Penasaran bagaimana Cara Membuat Kue Galundeng yang gampang dan hasilnya enak? Di artikel  kali ini, akan kami hadirkan Resep Kue Galundeng (golang-galing atau bolang-baling) Asli Banyumas yang enak dan lezat.  

Berikut bahan dan cara pembuatan Kue Galundeng :

Bahan :

500 gr tepung terigu 

75 gr gula pasir 

garam secukupnya

6 gr backing powder 

minyak goreng secukupnya

air es secukupnya

Bahan Taburan:

wijen secukupnya (skip jika tidak suka)
gula pasir secukupnya


Cara Membuat Resep Kue Galundeng :

resep kue bolang baling atau golang galing
- Pertama, siapkan wadah kemudian masukkan tepung terigu, backing powder, gula pasir, serta garam, kemudian dicampur menjadi satu dan aduk rata.

- Kemudian, tuangkan air es sedikit demi sedikit sambil adonan terus diuleni sampai kalis atau tidak lengket sekitar -+ 10 menit.

- Selanjutnya diamkan adonan Kue Galundeng sekitar -+ 30 menit, serta tutup adonan menggunakan kain bersih.

- Lalu uleni kembali adonan sekitar 5 menit.

- Tutup kembali adonan dan diamkan semalam.

- Kemudian, ambil sedikit adonan dan bentuk adonan menjadi kotak, kemudian olesi adonan dengan air dan gulingkan diatas campuran gula pasir dan wijen (jika pakai wijen).

- Ulangi langkah tadi sampai adonan habis,

- Panaskan minyak goreng, kemudian goreng Kue Galundeng atau Golang-Galing ini hingga mengembang dan berwarna kecoklatan.

- Angkat dan siap dihidangkan.

Sebelum digoreng, anda juga bisa mengisi Kue Galundeng atau golang galing ini dengan menggunakan keju, coklat, kismis, selai, dan lain-lain sehingga rasanya akan sangat enak sekali. Waktu paling pas untuk menikmati Kue Galundeng adalah pada pagi hari dan saat cuaca dingin ditemani dengan secangkir teh atau Kopi, menikmatinya akan lebih bermakna jika bersama keluarga di rumah.
Kebanyakan pedagang Kue Galundeng hanya menjajakkan Resep Kue Galundeng yang original dan memakai wijen saja, belum ada yang menjual Kue Galundeng dengan kreasi lain, misalnya seperti Kue Galundeng Isi keju, Kue Galundeng Isi coklat, Kue Galundeng Isi Kismis, dll. Bagi anda yang suka dengan dunia kuliner dan ingin memulai bisnis kuliner, mungkin Kreasi Kue Galundeng yang kami rekomendasikan dengan dasar Resep Kue Galundeng Asli Banyumas dari kami ini dapat menjadi salah satu referensi unik dan peluang besar untuk bisnis anda. 

Resep Kue Golang-galing atau Galundeng Khas Banyumas Resep Kue Golang-galing atau Galundeng Khas Banyumas Reviewed by Andi Hermawan on January 29, 2019 Rating: 5

No comments