Resep dan Cara Membuat Gatot Khas Banyumas

Gaplek merupakan bahan makanan yang diolah yang terbuat dari ubi ketela pohon yang dikenal dengan nama ubi kayu atau singkong yang konon asal usulnya dari Thailand. Ubi kayu dalam keadaan segar tidak tahan lama atau tidak awet. Untuk pemasaran yang memerlukan waktu yang tidak sebentar, singkong harus diolah dulu menjadi bentuk lain yang lebih awet, seperti gaplek, tepung tapioka (tepung singkong) atau tepung gaplek, tape singkong atau peyeum sunda, keripik singkong, gatot (gaplek gagal total), dan lain-lain. Tepung tapioka bisa dibuat menjadi macam-macam kue basah tradisional. Tepung tapioka dari gaplek selanjutnya bisa dibuat menjadi nasi tiwul yang enak. Nasi tiwul sangat dikenal di masyarakat Jawa yang hidup di Pegunungan Kidul yang memanjang dari Gunung Kidul di Yogyakarta sampai kawasan kabupaten Pacitan. Baca Juga : Resep Aneka Olahan Tempe

Pada umumnya Masyarakat dalam membuat gaplek dengan cara mudah, yaitu singkong dikupas, utuh atau dipotong kemudian dijemur. Ada 2 dua jenis gaplek, yaitu gaplek yang putih biasa ditepungkan / dibuat tiwul dan gaplek hitam yang disebut gatot katanya singkatan dari kata gagal total. Saya jadi tertarik mendengar kata gaplek atau gatot (gagal total) ini dan ingin membahasnya sedikit di artikel blog andihermawan.club ini dan juga membahas ulasan terlengkap cara membuat gatot dari singkong atau cara membuat gatot dari gaplek. Baiklah warna hitam pada gatot dihasilkan oleh bermacam fungi dan bakteri yang berkembang karena selama penjemuran berlangsung, singkong dibiarkan pada panas siang hari dan udara dingin malam hari. Perubahan pati menjadi senyawa yang lebih sederhana oleh berbagai fungi dan bakteri menyebabkan tekstur gatot menjadi kenyal. Adanya fungi dan bakteri ini menyebabkan terjadinya proses fermentasi yang membuat pati dalam ubi terurai oleh enzim menjadi struktur yang lebih sederhana sehingga lebih mudah dicerna.


resep membuat gatot


Proses selanjutnya : gaplek yang warna kehitaman melalui proses perendaman semalaman. Setelah itu, air rendamannya dibuang dan gaplek kemudian dicuci bersih dan dipotong kecil². Karena sudah mengalami perendaman dan teksturnya singkong sudah lebih lunak, gaplek calon gatot jadi mudah untuk dipotong². Gaplek hitam lunak yang sudah dipotong² itu kemudian ditanak, seperti memasak nasi. Sekitar 2 jam kemudian, diangkat dari tungku serta ditata dalam tampah atau wadah agar cepat dingin. Hasilnya berupa gatot memiliki warna sebagian kecokelatan sebagian hitam, dengan tekstur kenyal, rasa dan aroma khas gatot. Cara memakannya seperti halnya makan nasi putih bersama lauk-pauk dan sayuran. Namun sekarang gatot lebih banyak dikonsumsi sebagai snack dengan parutan kelapa dan kadang² dicampur dengan gula merah. Biasanya gula kelapa.

KEISTIMEWAAN GATOT (GAGAL TOTAL)

Perpaduan rasa gurih dgnn sedikit rasa manis atau pun asin merupakan ciri khas rasa gatot. Di samping itu, teksturnya yang kenyal ditambah sedikit kasar dari parutan kelapa menambah ciri has tersendiri saat mengunyah gatot. Mengkonsumsi gatot dapat membuat kenyang bertahan lebih lama karena alat pencernaan membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna gatot. Dan sekarang makan gatot akan semakin lebih mudah karena kita tidak perlu repot² mengikuti proses pembuatannya yang cukup ribet dan lama. Tinggal beli, lalu rendam, kukus, dan sajikan. Mudah sekali bukan, kalau sudah praktis begini namanya anti gagal bukan lagi gagal total.

Jika anda tertarik membuat gaplek, maka berikut tips cara pembuatan gaplek lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah,

Tabel Komposisi kandungan singkong Ubi Kayu, per 100 gramnya :

Kalori 146,00 kal

Air 62,50 gram

Phosphor 40,00 mg

Karbohidrat 34,00 gram

Kalsium 33,00 mg

Vitamin C 30,00 mg

Protein 1,20 gram

Besi 0,70 mg

Lemak 0,30 gram

Vitamin B1 0,06 mg

Berat dapat dimakan 75,00

Pembuatan gablek merupakan proses yang mudah , meliputi : pencucian, pengupasan, dan pengeringan. Berikut rahasia kumpulan aneka resep dan variasi olahan resep gaplek singkong sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan, yang mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan aneka gaplek tradisional dan modern di Indonesia.

BAHAN UNTUK MEMBUAT GAPLEK :

Singkong yang kualitas baik, tandanya masih segar

ALAT - ALAT YANG DIPERLUKAN :

Ember

Karung goni

Pisau

Tikar

CARA MEMBUAT GAPLEK SINGKONG :

- Pisahkan singkong ubi kayu dari batangnya, kupas lalu  cuci hingga bersih.

- Potong² singkong ubi kayu menjadi beberapa bagian.

- Jemur singkong ubi kayu yang telah dibersihkan di bawah sinar matahari selama 1~2 hari. 

- Kemudian tutup dengan tikar bersih selama 1 hari. Diharapkan jamur bisa memperkecil tingkat keracunannya.

- Jemur lagi sampai kering, jika sudah kering disebut gaplek, lalu masukkan ke dalam karung.

- Simpan di tempat yang kering, jangan di tempat yang lembab dan basah.

DIAGRAM ALUR PEMBUATAN GAPLEK

Singkong –> Kupas –> Cuci –> Jemur –> Tutup kain –> Jemur –> Gaplek


gatot khas banyumas


Gaplek bisa dimasak dengan cara dikukus dengan diberi gula merah dan dicampurkan kelapa parut.
Gaplek dapat dibentuk ondol² atau belahan memanjang (+3 cm), tepung, atau pellet.
Gaplek yang kering, berwarna putih, tidak berjamur, dan tidak ada kulit yang tertinggal.
Pengemasan gaplek harus menggunakan karung goni yang baik dan bersih
Resep dan Cara Membuat Gatot Khas Banyumas Resep dan Cara Membuat Gatot Khas Banyumas Reviewed by Andi Hermawan on January 27, 2019 Rating: 5

No comments